• Tantangan - tantangan Bisnis Tour and Travel Online yang Harus Diwaspadai

    Tantangan - tantangan Bisnis Tour and Travel Online yang Harus Diwaspadai
    success challenge

    Tantangan - tantangan Bisnis Tour and Travel Online yang Harus Diwaspadai

    Bisnis yang dijalankan secara online memiliki karakteristik tersendiri yang tentunya berbeda dengan bisnis konvensional pada umumnya. Demikian pula dengan bisnis tour and travel online, usaha yang satu ini memiliki tantangan-tantangan sendiri yang seringkali menjadi penghambat perkembangan bisnis. Jika Anda sedang bergelut dengan bisnis tour and travel online, ada baiknya memahami tantangan-tantangan yang biasa muncul di bisnis ini, dan kemudian mencari solusi yang terbaik untuk menghindarinya.
    Buruknya Konektivitas
    Sebagai salah satu jenis usaha yang sangat bergantung pada konektivitas internet, buruknya koneksi adalah penghalang nomor satu untuk menjalankan bisnis ini. Meski koneksi internet di Indonesia sudah mulai merata, namun tidak semua wilayah mendapatkan koneksi yang stabil. Untuk mengatasi hal ini, usahakan memiliki 2 penyedia layanan internet. Jika salah satu layanan sedang down, maka yang satu lagi bisa menyediakan koneksi cadangan yang Anda butuhkan.
    Fitur Pencari yang Buruk
    Sudah lumrah jika di dunia bisnis tour and travel online, website menjadi andalan para agen untuk berinteraksi dengan pelanggan. Sayangnya, tidak sedikit yang lupa untuk menyematkan fitur pencari yang mumpuni bagi pelanggan saat mereka hendak mencari tiket, hotel, atau tujuan wisata yang mereka inginkan. Selalu perhatikan kinerja fitur pencari yang ada di situs Anda. Pastikan fitur tersebut berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah saat digunakan oleh pelanggan.
    Isu Sinkronisasi
    Sinkronisasi data antara agen travel dengan maskapai atau hotel terkadang juga menjadi sumber masalah yang tidak remeh. Pelanggan terkadang kesulitan untuk melakukan booking karena masalah ini. Namun dengan terus meng-update sistem reservasi dan bekerja sama dengan maskapai dan hotel, masalah ini dapat diatasi dengan baik.
    Perbedaan Kebijakan Pembatalan
    Kebijakan pembatalan booking atau pesanan yang pada akhirnya merenggut sebagian uang pelanggan patut diwaspadai demi menjaga reputasi usaha tour and travel online Anda. Usahakan untuk bekerja sama dengan hotel atau maskapai yang memberikan kelonggaran dalam kebijakan pembatalan. Saat ini, maskapai ataupun hotel sudah makin kompetitif. Tidak sulit untuk menemukan yang fleksibel bagi pelanggan.
    Keterbatasan Informasi Produk
    Informasi detail mengenai produk yang Anda tawarkan, dalam hal ini tiket perjalanan atau reservasi hotel, juga bisa menjadi penyebab masalah. Sebagai contoh, meski di internet sudah cukup banyak informasi mengenai kamar hotel yang disediakan, tetap saja pelanggan sering kali merasa perlu untuk menelepon dan menanyakan berbagai hal yang tak terpikirkan mengenai kamar yang hendak dipesannya. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu memahami seluk beluk hotel yang Anda tawarkan se-detail mungkin. Bagaimanapun juga, reputasi Anda sangat bergantung pada layanan Anda.
    Nah, cukup banyak bukan hal-hal yang menjadi tantangan bisnis tour and travel online? Dengan memahami satu persatu poin di atas, Anda akan dapat menemukan solusi untuk mengatasi hal-hal tersebut dan meraih kesuksesan.
    Sumber:
    • otrams.com/blog/trends/the-challenges-and-opportunities-in-online-travel-and-hotel-booking/
    • e27.co/3-challenges-and-opportunities-online-hotel-booking-sites-face/
  • 0 comments:

    Post a Comment