• 6 Ide Ampuh Meraup Rupiah di Bisnis Travel

    6 Ide Ampuh Meraup Rupiah di Bisnis Travel


    Industri travel di Indonesia adalah sebuah industri besar yang berhubungan langsung dengan industri pariwisata - industri yang dikenal luas sampai ke mancanegara karena keindahan alam Indonesia. Tidak mengherankan jika saat ini begitu banyak pihak yang mengadu untung di industri travel dengan membuka usaha tour and travel.
    Nah, yang menjadi tantangan saat ini adalah bagaimana usaha tour and travel bisa bertahan dan bahkan berkembang di tengah persaingan yang ketat tersebut. Jika Anda adalah salah satu pemilik usaha tersebut, berikut ide-ide bisnis yang terbukti ampuh untuk meraup lebih banyak rupiah di usaha tour and travel.
    1. Menjual Tiket Transportasi
    Menjual tiket transportasi sebagai agen travel adalah bagian yang tak terpisahkan dari usaha tour and travel. Bahkan, banyak dari agen travel yang menjadikan penjualan tiket sebagai sumber uang.
    2. Menjual Akomodasi
    Sektor akomodasi adalah salah satu bagian yang juga penting bagi pemilik usaha tour and travel. Dengan menjual akomodasi dari tempat-tempat wisata populer, pelanggan akan sangat terbantu tanpa harus repot-repot memikirkan akomodasi di tempat tujuan.
    3. Menjual Tiket Atraksi Wisata atau Event Hiburan
    Bekerja sama dengan tempat wisata ataupun penyelenggara event hiburan bisa memberikan kesempatan pada agen travel untuk menjual tiket dari kegiatan-kegiatan tersebut. Melalui penjualan tiket ini, pihak agen travel akan mendapat komisi dari klien mereka.
    4. Konsultan Perjalanan
    Meski tidak banyak agen travel yang juga menyediakan layanan konsultan perjalanan yang kompleks dan detail, namun layanan ini jika dilakukan dengan serius dan profesional, maka pelanggan tidak akan keberatan memberikan apresiasi berupa fee sesuai yang Anda syaratkan.
    5. Menyediakan Paket Perjalanan
    Menawarkan paket perjalanan ke tempat-tempat wisata yang menarik bisa menjadi sumber pemasukan yang lumayan bagi travel agent. Dari sebuah paket wisata saja, agen bisa mendapatkan komisi dari tiket perjalanan, tiket tempat wisata atau hiburan, komisi dari tempat akomodasi, dan jika travel agent cukup kreatif, masih banyak untung yang bisa diraup.
    6. Layanan Bantuan Pembuatan Visa
    Visa sangat diperlukan oleh wisatawan atau pebisnis yang melakukan perjalanan ke negara-negara tertentu. Agen travel bisa membantu membuat visa dan mendapatkan komisi dari pelanggan.
    Keenam ide ampuh meraup untung di usaha tour and travel di atas memang sudah terbukti manjur. Namun jika Anda ingin memaksimalkan usaha tour and travel Anda lebih lagi, Anda bebas memasukkan ide-ide kreatif untuk terus mengembangkan bisnis Anda. Dengan menjadi pengusaha yang terus berkreasi dan berinovasi, usaha tour and travel Anda bisa dipastikan akan terus berkembang.
    Sumber:
    • mytopbusinessideas.com/starting-a-travel-agency-business-plan/
    • bls.gov/ooh/sales/travel-agents.htm
    • sokanu.com/careers/travel-agent/
  • 0 comments:

    Post a Comment